Kapersky Internet Security 2012 Beta

Selasa, 14 Juni 2011
Kaspersky Internet Security 2012 User Reviews
Kaspersky Internet Security (selanjutnya disingkat KIS) adalah security suite yang lengkap dan mumpuni. Awal saya berkenalan dengan Kaspersky pada versi 7. Ketika itu yang paling saya ingat Anti Virus Kaspersky (biasa disingkat KAV) mengeluarkan suara teriakan ringkik kuda dalam pendengaran saya :)
Saat ini Kaspersky sudah merilis versi beta untuk KAV 2012 dan KIS 2012. Saya tertarik mencoba versi terbaru ini dan mulai mendownload installer KIS, yang berukuran setengah dari versi sebelumnya yakni sekitar 66MB. Selanjutnya saya akan memberikan gambaran bagaimana KIS 2012 dalam beberapa keadaan.

  1. Instalasi
    Versi ini sama dengan versi sebelumnya, kita akan dibimbing untuk melakukan intalasi. Tidak ada pengaturan-pengaturan yang rumit. Jika menginstall KIS 2012 anda tidak harus membuang versi sebelumnya karena versi tersebut akan terhapus otomatis. Kisaran waktu instalasi hampir sama dengan versi sebelumnya.
  2. Aktivasi
    Untuk aktivasi masih menggunakan aktivasi online. Versi trial KIS 2012 ini memberikan anda 91 hari masa percobaan, ini berbeda dengan versi sebelumnya yang hanya memberikan masa percobaan 30 hari saja.


  3. Antarmuka
    Antarmuka KIS 2012 sangat berbeda dengan versi sebelumnya. Dari sisi warna, dominasi warna hijau dikurangi berganti warna abu-abu dan putih, mengingatkan kita pada interface MacOs. Tampilan atau antar muka (interface) versi ini sangat cantik dan tetap mudah dijelajah, saya sangat menyukainya. Hanya saja saya masih lebih suka dominasi warna hijau (saya masih mendapatkannya di jendela utama dengan mengelik tombol dropdown).
    Pada versi ini anda juga akan menemukan tombol back untuk kembali ke menu sebelumnya, sedangkan pada KIS versi sebelumnya tombol ini belum ada.

  4. Update
    Update database KIS 2012 bisa dilakukan online dan offline. Yang berbeda pada versi ini adalah tidak ada lagi jendela munculan download yang memperlihatkan progress bar database yang telah didownload. Mungkin ini sengaja dibuang untuk merampingkan KIS 2012, dan ini menurut saya bagus karena progress bar tersebut tidak begitu penting, toch masih ada persentasenya.
    Adapun pengaturan update masih sama dengan versi sebelumnya, yaitu otomatis, manual, dan terjadwal.
    Yang berbeda juga adalah tanggal dan jam tidak ditampilkan lagi setelah update lengkap.
  5. Gadget
    Gadget ini mulai ada pada versi KIS 2011. Pada KIS 2012 gadget memiliki tombol menu yang sangat lengkap. Dari situ anda dapat menjalankan update, mengkases menu settings, bahkan virtual keyboard. Tapi skinnya cuma satu, jadi anda tidak bisa mengganti-ganti skinnya.
  6. Scanning
    Saya menggunakan gadget cpu meter untuk melihat performa scanning KIS 2012 saat modus full scan. Dan pengamatan saya ternyata KIS 2012 menggunakan resource lebih sedikit dibanding KIS 2010 dan KIS 2011, ini jelas kabar baik untuk anda bukan? :)
    Tampilan jendela scanning dapat anda lihat pada gambar di bawah ini. Progress bar hasil scan dapat dilihat pada tombol scan-nya.
  7. Removeable Media Response
    Ini salah satu fitur KIS yang saya sukai. Masih sama seperti versi sebelumnya ketika kita menancapkan Flash Disk atau media pasang cabut (removeable media) lainnya KIS langsung menampilkan jendela munculan (pop up window) pilihan scan.
  8. Kesimpulan
    KIS 2012 (walaupun masih beta) memiliki antarmuka yang lebih cantik dan mudah dijelajahi. File instalasi yang lebih kecil, menu gadget yang sangat lengkap, dan performa yang lebih baik dibandingkan versi-versi sebelumnya. KIS 2012 adalah alat pengaman yang lengkap dan sempurna. Kita bisa tenang berinteraksi dengan dunia maya tanpa merasa khawatir sedikitpun. Saya menggunakan KIS 2012 sebagai tulang punggung keamanan komputer saya, dan saya merekomendasikannya untuk anda:)
    Masih banyak fitur andalan lain yang dimiliki KIS 2012 yang tidak diulas dalam tulisan ini. Tapi ulasan sudah cukup untuk menjadi dasar untuk memilih alat pengaman yang anda butuhkan.
Download Kapersky Internet Security 2012 di sini.

0 komentar: